Hapus Data di Pinjol Terbukti Lebih Aman Tenang Selamanya

Hapus data di pinjol tidak boleh asal-asalan alias harus dengan cara tepat. Ini lebih baik jika tidak ingin lagi terlibat dengan segala aktivitas pinjol. 

Ingatlah jika saat ini mulai bermunculan kasus penyalahgunaan data pribadi oleh pihak pinjol. Bila tidak ingin terjadi, pastikan Anda telah melunasi kewajiban membayar hutang pada pihak yang bersangkutan.

Hapus Data di Pinjol
unsplash.com

Langkah Mudah dan Aman Hapus Data di Pinjol

Ketika memutuskan meminjam uang di pinjaman online, jangan Anda pikir dengan lunasnya pinjaman maka sudah selesai semuanya. Sebagai antisipasi, penting menghapus data diri yang sebelumnya Anda pakai sebagai syarat meminjam. 

Tidak susah, kok caranya. Anda bisa mengikuti 6 langkah berikut ini.

Tidak Mengabaikan Panggilan Debt Collector

Bila masih memiliki tanggungan pinjol, sebaiknya tetap melayani panggilan debt collector dengan baik. Sampaikan dengan bahasa santun bahwa Anda akan melunasi pinjaman, hanya saja membutuhkan waktu. Di sisi lain, tetap berusaha mencari uang untuk melunasi pinjaman tersebut.

Uninstal Aplikasi

Selanjutnya, silakan meng-uninstall aplikasi pinjol yang terpasang di ponsel. Silakan masuk ke menu Pengaturan ponsel, kemudian uninstall semua aplikasi pinjol yang terpasang.

Hubungi Call Center

Menghubungi call center juga bisa menjadi langkah menghapus data di pinjol. Sampaikan ke pihak call center jika telah bebas dari kewajiban pinjol, dan bermaksud mengajukan penghapusan data pribadi yang kemungkinan masih tersimpan di pihak pinjol.

Hapus Seluruh Kontak di Ponsel

Pinjol ilegal sering mengcopy seluruh kontak yang tersedia di ponsel milik nasabah. Tanpa Anda sadari, ini telah berlangsung sejak mengisi data pada proses awal pengajuan.

Supaya tidak ribet, hapus saja seluruh kontak tersebut. Meski nantinya akan merepotkan diri sendiri karena perlu mencari kontak-kontak teman, setidaknya cara ini bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang yang nomor kontaknya Anda simpan di ponsel.

Ganti Nomor

Ganti nomor juga menjadi langkah penyelamatan diri dan orang yang kontaknya Anda simpan di ponsel. Supaya tidak mencurigakan pihak pinjol, silakan mengubah nomor ponsel yang namanya sama menjadi custom atau acak.

Hati-hati ketika melakukannya. Pihak pinjol tidak lagi bisa membuka data diri Anda karena butuh proses sinkronisasi data terlebih dahulu.

Bila cara hapus data di pinjol dalam ulasan tadi belum berhasil, hubungi langsung pihak OJK. Ini lebih baik ketimbang repot-repot melakukan sendiri.

About admin

Check Also

Pinjaman Online untuk Petani

Pinjaman Online untuk Petani, Bantu Menyediakan Permodalan

Pinjaman online untuk petani bertujuan memberikan modal pada sektor pertanian secara khusus. Solusi peminjaman yang …