Transaksi Bodong Pinjol Ilegal, Hindari dengan Langkah-Langkah Berikut

Transaksi bodong pinjol ilegal tentu sangat merugikan siapapun yang mengalaminya. Saat ini pertumbuhan oknum pinjol ilegal semakin marak. Jika tidak disikapi dengan cermat, maka akan sangat berisiko bagi siapapun yang kurang memahami akan hadirnya pinjol ilegal. Lantas apa yang harus menjadi perhatian untuk dapat terhindar dari transaksi bodong yang merugikan tersebut?

Transaksi Bodong Pinjol Ilegal
www.onmanorama.com

Tips Menghindari Transaksi Bodong Pinjol Ilegal

Di era teknologi digital yang sangat meningkat pesat saat ini, masyarakat dapat dengan mudah untuk mengakses berbagai jenis informasi, terutama dari sosial media. Hal ini perlu diwaspadai karena terdapat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan kemudahan akses tersebut.

Salah satunya adalah oknum pinjol ilegal yang memanfaatkan kekurangpahaman masyarakat melalui penyebaran di berbagai website atau media sosial yang berujung dengan adanya transaksi bodong yang merugikan masyarakat.

Untuk menghindari hal ini terjadi, berikut beberapa tips penting yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain:

Sebelum melakukan transaksi melalui pinjaman online, pastikan platform pembiayaan yang Anda gunakan telah resmi terdaftar Otoritas Jasa Keuangan. Dalam hal ini Anda dapat mengaksesnya melalui website OJK di www.ojk.go.id secara mudah.

Selain itu, OJK juga telah bekerja sama dengan Google sehubungan dengan syarat dan ketentuan aplikasi pinjaman pribadi di Indonesia.

Sehubungan akan hal ini, Google telah menambahkan adanya persyaratan tambahan kelayakan pada aplikasi pinjaman pribadi. Penambahan tersebut dengan penyertaan dokumen lisensi atau terdaftar OJK. Dengan demikian, pinjol ilegal tidak bisa mengunggah aplikasi mereka di Google.

Cermati Izin Akses Aplikasi

Selain membedakan pinjol legal dan ilegal, sebaiknya masyarakat juga lebih seksama dalam mencermati seluruh persetujuan data serta hal lain yang akan diakses aplikasi melalui smartphone.

Sebaiknya jangan terlalu cepat klik “allow” dalam menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini karena oknum yang tidak bertanggung jawab akan dengan mudah dalam mengakses keseluruhan data pribadi yang terdapat dapat perangkat HP.

Pahami Hak dan Kewajiban Transaksi

Tidak jarang para pengguna aplikasi pinjol melewatkan hak dan kewajiban yang harus dilakukan. Sedangkan poin ini sangat penting untuk dipahami, terutama terkait dengan risiko yang akan diterima di kemudian hari.

Masih banyak lagi hal penting lain yang dapat dilakukan untuk dapat terhindar dari adanya transaksi bodong pinjol ilegal. Selain itu, pentingnya smart spending melalui berbagai edukasi agar masyarakat bisa memanfaatkan pinjaman dengan lebih bijak.

About admin

Check Also

Pinjaman Online untuk Petani

Pinjaman Online untuk Petani, Bantu Menyediakan Permodalan

Pinjaman online untuk petani bertujuan memberikan modal pada sektor pertanian secara khusus. Solusi peminjaman yang …